I.
LATAR BELAKANG
1. Krisis energi karena harga
minyak yang meningkat yang menyebabkan biaya produksi meningkat untuk industri Thailand, terutama
untuk plant yang memiliki produktivitas yang tinggi.
2. Penggunaan gas alam sebagai bahan bakar alternatif
karena biaya yang relatif rendah dan fluks panas
tinggi.
3. Terjadi kegagalan pipa dan nozel
untuk feed gas alam
4. Pipa terbuat dari SS AISI 310 yang tahan panas mengalami rusak parah setelah beroperasi 1 bulan.
5. Kerusakan dari pipa burner
tersebut terjadi dalam waktu relatif singkat terhadap biaya
downtime dan penggantian
II.
TUJUAN
Mengetahui penyebab kegagalan pada
pipa burner untuk feed gas alam.
III.
EXPERIMENTAL
1.
Data Historical & sampling of
material
Data yang diperlukan adalah :
- Karakteristik material pipa (diameter luar,
ketebalan, panjang, tekanan pipa, temperatur operasional pipa)
- Karakteristik produk yang mengalir dalam pipa
2. Visual Inspection.
- On-site investigasi
dilakukan untuk memantau kondisi termasuk pengukuran
temperatur dengan menggunakan inframerah
pyrometer.
- Pengukuran
ketebalan yang
dilakukan untuk mengevaluasi pengurangan material menggunakan caliper vernier.
3. Mechanical Test (Destructive Test)
-
Pengujian mekanik yang dilakukan adalah test mikro-kekerasan Vickers
dengan beban 300
g yang digunakan untuk memperoleh profil kekerasan sepanjang
penampang untuk mengkonfirmasi perilaku karburisasi.
4. Selection, Identification of Specimen
- Koleksi spesimen untuk
pengujian laboratorium.
5.Macroscopic analysis (fracture surface,
secondary crack)
- Pipa yang
dipilih telah dikaji dengan teliti secara visual menggunakan mikroskop stereo untuk mengidentifikasi karakteristik kegagalan yang terjadi.
6. Microscopic analysis
- Struktur dan
morfologi permukaan dari spalling skala diteliti
dengan menggunakan difraksi sinar-X
(XRD) dan mikroskop
elektron (SEM)
7.Selection an preparation of sample metallographic
- Sampel dipotong cross-sectional dan siap untuk analisis
mikrostruktur mengikuti langkah-langkah
sebagai berikut : cold mounting di
resin, grinding dengan
kertas silikon karbida, polishing
dengan suspensi berlian, dan etsa dalam larutan yang mengandung salah satu bagian dari HNO3 dan empat bagian HCl dengan
H2O2 sebagai katalis.
- Analisis mikrostruktur dilakukan dengan menggunakan
mikroskop cahaya yang dipantulkan
dan SEM bersama
dengan microanalyses kimia dengan
spektroskopi dispersif energi (EDS).
8. Chemical analysis
- Analisa komposisi pipa yang rusak menggunakan
spark emission spektrometer kemudian dibandingkan
dengan spesifikasi
IV.
HASIL
1.
Data Historical & sampling of
material.
a)
Karakteristik material pipa
(diameter luar, ketebalan, panjang, tekanan pipa, temperatur operasional pipa)
-
Pipa terbuat
dari SS AISI 310
- Design pipa memiliki diameter
luar 34 mm, ketebalan 3,5 mm,
dan panjang sekitar 1 m.
- Design tekanan pipa sampai
dengan 100 mbar di atas tekanan
atmosfer.
- Suhu awal dalam
pipa adalah di kisaran 313-323º K.
- Design pipa di bagian eksternal dipanaskan maksimal suhu 1173 º K.
b)
Karakteristik produk yang
mengalir dalam pipa
- Gas alam terdiri dari CH4 (75%), CO2 (13%)
dan sejumlah kecil hidrokarbon
2. Visual Inspection.
- Selama
operasi berjalan ujung pipa menunjukkan warna oranye-kuning. (Gambar
1)
- Suhu permukaan luar pipa di kisaran 1323-1373ºK (lebih tinggi dari
design (1173 ºK))
- Suhu di dalam tungku dimonitor menggunakan pyrometer
inframerah yaitu sebesar 2003ºK.
-
Degradasi sebagian besar ditemukan pada permukaan
bagian dalam di ujung(Gambar 2.a). Ini mengindikasikan bahwa pipa terkena lingkungan
carburising parah.
- Scale terbentuk dan berwarna hitam keabu-abuan
dengan ketebalan sekitar 0,4-0,5 mm serta terpisah dari material dasar
yang diamati (Gambar 2b). Pemeriksaan spalling scale mengungkapkan
karakteristik deposite karbon atau coke dan partikel logam.
- Tidak ditemukan keretakan dan penggembungan material.
- Pengukuran ketebalan dari pipa yang mengalami failure menunjukkan bahwa berkurang dari 3,5 mm sampai
2,8 mm. Hal ini menunjukkan bahwa spallation scale dengan cepat dihapus dari
permukaan dan kegagalan pipa baru
dapat diamati
setelah satu bulan.
3. Mechanical Test
(Destructive Test)
- Karena kekerasan adalah
salah satu teknik uji yang
digunakan untuk menggambarkan
perilaku karburisasi, sejumlah pengukuran diberbagai lokasi di sepanjang penampang dari
pipa burner dilakukan dengan tujuan untuk menentukan variasi nilai kekerasan. Pengerasan karena karburisasi
signifikan pada permukaan terdalam dari pipa,
yang terkena lingkungan yang mengandung
karbon. Kekerasan permukaan
bagian dalam, terutama pada lapisan
terdegradasi, ditemukan lebih besar daripada semi-thickness dan permukaan
luar (Gambar. 13). Tingginya nilai kekerasan daerah yang rusak sesuai dengan presipitasi karbida pada
batas butir austenit dan dalam grain interior karena
karbon mengambilnya dari lingkungan karburasi.
4. Microscopic analysis
- Morfologi
permukaan spalling scale diperiksa
pada scale / dasar
material dan scale / gas interface dengan
menggunakan SEM.
- Pada antarmuka
scale/base material, penampilan matriks berpori hitam
dengan berbagai jenis precipitated
compound/deposito putih(Gambar. 4a).
Analisis EDS dari
matriks berpori hitam menunjukkan kandunga karbon yang tinggi (Gambar.
4b). Spektrum EDS
dari deposito putih menunjukkan kandungan kromium yang tinggi,
dan sejumlah kecil karbon dan oksigen (Gambar. 4c)
yang diasumsikan dalam bentuk kromium oksida
dan kromium karbida.
- Morfologi scale
/ gas interface muncul sebagai deposisi kokas (Gambar 5a). Dari
Spectrum EDS menunjukkan kandungan karbon yang tinggi
dan sejumlah kecil oksigen (Gambar. 5b).
- Investigasi dengan perbesaran yang lebih tinggi menunjukkan terdapatnya permukaan berpori
dengan beberapa white presipitate
(Gambar 6). Kehadiran
pori-pori dalam spalling scale menunjukkan ketidakmampuan paduan untuk membentuk
lapisan pelindung secara terus menerus.
Oleh karena itu, karbon ingression ke material
dan subsequent precipitation karbida dapat terjadi.
5.Selection an preparation of sample metallographic
- Pipa yang mengalami
failed memiliki tiga zona yang berbeda, bagian ujung, zona tengah, dan bagian
yg rusak.
- Pipa tersebut dibandingkan dengan
pipa yang tidak terpakai sebagai sampel referensi.
- Analisis cross-sectional (Gambar
7a) dari dinding luar ujung menunjukkan adanya grain coarsening dan presipitasi
karbida pada batas butir serta dalam butir (Gambar 7b). Oksidasi batas butir
juga ditemukan pada permukaan dinding luar pipa. Mikrostruktur
analisis semithickness pipa mengungkapkan ukuran butir lebih kecil dari
permukaan terluar(Gambar 7c). Penyelidikan mikrostruktur pada dinding pipa
bagian dalam (Gambar 7d) yang terkena gas panas menunjukkan presipitate
tersebar dan sangat halus baik di batas butir dan di dalam grains. Ini
menunjukkan bahwa degradasi pada permukaan terjadi lebih parah daripada bagian
lain. Pemeriksaan pada perbesaran yang lebih tinggi
menggunakan SEM mengungkapkan pemisahan karbida(Gambar. 8). Selain itu, blocky carbide particles hadir dalam matriks yang kaya zat besi di mana konsentrasi Cr turun menjadi 12,38% wt. Fase presipitate yang kaya Cr menyebabkan deplesi kromium seperti yang dapat dilihat pada spektrum (Gambar. 9). Pengamatan struktur mikro dari zona tengah (Gambar 10) dan area unfailed (Gbr. 11) menunjukkan tingkat degradasi yang lebih rendah dari bagian ujung. Analisis mikrostruktur pipa yang tidak terpakai (Gbr. 12) mengungkapkan struktur austenit adalah ciri khas SS AISI 310. Presipitasi karbida tidak ditemukan baik pada batas butir maupun di dalam grain.
menggunakan SEM mengungkapkan pemisahan karbida(Gambar. 8). Selain itu, blocky carbide particles hadir dalam matriks yang kaya zat besi di mana konsentrasi Cr turun menjadi 12,38% wt. Fase presipitate yang kaya Cr menyebabkan deplesi kromium seperti yang dapat dilihat pada spektrum (Gambar. 9). Pengamatan struktur mikro dari zona tengah (Gambar 10) dan area unfailed (Gbr. 11) menunjukkan tingkat degradasi yang lebih rendah dari bagian ujung. Analisis mikrostruktur pipa yang tidak terpakai (Gbr. 12) mengungkapkan struktur austenit adalah ciri khas SS AISI 310. Presipitasi karbida tidak ditemukan baik pada batas butir maupun di dalam grain.
6. Chemical analysis
- Komposisi kimia dari spesimen diuji menggunakan
spark emisi spektrometer disajikan
pada Tabel 1.
-
Hasil sesuai dengan spesifikasi
standar AISI 310.
-
Identifikasi struktur skala spalling
menggunakan XRD dengan Cu Kα sebagai sumber radiasi untuk mengkarakterisasi struktur fase. Hal ini dapat dilihat
bahwa scale sebagian besar
terdiri dari kromium oksida
dan chromium- iron karbida seperti ditunjukkan pada Gambar.
3. Senyawa-senyawa tersebut sering terbentuk pada
permukaan paduan terkena lingkungan karburasi.
V.
PEMBAHASAN
Fenomena degradasi ini sering terjadi di paduan tahan
panas pada lingkungan karbon suhu tinggi. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa
ujung pipa rusak berat akibat scale separation dan spallation bersama dengan
deposisi kokas pada permukaan bagian dalam. Ini menyebabkan penyumbatan nosel
dan furnace menjadi shutdown. Faktor utama yang mempengaruhi karburisasi adalah
paduan komposisi, service temperature, dan komposisi atmosfer. AISI 310
stainless steel dapat mengembangkan dan mempertahankan film oksida kromium bila
terkena suhu di bawah 1.423º
K dan 1.298º K di
lingkungan pengoksida bebas sulfur untuk yang beroperasi terus menerus dan
non-kontinyu. Dalam sulfur tinggi (100 mg/m3), baja ini dapat memiliki film
oksida kromium ketika service temperature di bawah 1.373 º K dan 1.248 º K untuk yang beroperasi terus menerus dan
non-kontinyu. Namun, kegagalan karena karburisasi dapat terjadi ketika
menggunakan paduan ini pada suhu tinggi (> 1.323 º K) pada carbon bearing atmosphere.
Agresif Lingkungan diinduksi oleh tekanan parsial oksigen yang rendah dan
potensial karbon yang tinggi. Kondisi ini memberikan kontribusi terhadap
transformasi lapisan kromia terus menerus untuk melindungi lapisan berpori
kurang melindungi seperti yang terlihat di spalling scale SEM(Gbr. 6). Pemantauan suhu juga menegaskan
service temperature yang tinggi dalam kiln, yang merupakan penyebab overheating
di bagian ujung pipa. Analisis struktural spalling scale dengan XRD menunjukkan
bahwa kandungan utama adalah kromium oksida dan kromium-besi karbida. Pengamatan
ini menunjukkan bahwa material dapat membentuk
sebuah film oksida kromium di permukaan pada keadaan awal eksposur. Namun,
karena agresivitas yang sangat mengurangi lingkungan, lapisan oksida berubah
menjadi karbida berpori diskontinyu. Lapisan permukaan berpori terus tumbuh dan
memfasilitasi difusi ke dalam karbon, menyebabkan fase extensive presipitate
chromium-rich. Penambahan kandungan silicon yang tinggi (1-3% berat) dalam
paduan ini dianjurkan untuk meningkatkan ketahanan oksidasi suhu tinggi. Karburisasi
terjadi sebagai akibat dari difusi karbon dari lingkungan karbon bearing
menjadi material yang tidak terlindungi yang menyebabkan presipitate internal
carbide. Karbida ini menyebabkan penurunan keuletan dan ketangguhan bahan.
Analisis mikrostruktur disebagian besar pipa yang rusak parah menunjukkan bahwa
permukaan dalam pipa mengalami perubahan mikrostruktur. Selain itu, segregasi
face kromium-rich juga ditemukan. Hal ini mengindikasikan serangan karburisasi.
Hal ini diyakini bahwa presipitasi karbida hadir dalam bentuk seperti yang
terlihat pada Gambar. 8. Pertumbuhan karbida memerlukan difusi kromium dari
matriks sekitarnya. Deplesi kromium disebabkan kandungan besi dan peningkatan
fase matriks, yang lebih rentan terhadap serangan oksidasi dan karburisasi di
daerah ini. Pada penelitian ini, menggunakan EDS menunjukkan kadar krom rendah
yaitu 12,38% wt (Gbr. 9). Hal ini mengganggu kemampuan bahan untuk
mengembangkan film oksida terus menerus. Namun, ketersediaan kromium lanjut
dalam material memungkinkan memicu pertumbuhan presipitate karbida. Tingkat
presipitasi karbida serta kuantitas dan ukuran karbida tergantung pada service
temperature, terutama pada suhu di atas 1.173 º K. Selain itu, kehadiran grain coarsening
di permukaan terluar( Gambar. 7b) menyebabkan overheating. Dalam hal ini,
service temperature di kisaran 1323-1373 º K. Oleh karena itu, kegagalan pipa feed
gas alam terjadi hanya 1 bulan. Umumnya, pembakaran gas hidrokarbon
dalam pipa dapat menciptakan karburasi lingkungan tergantung pada kondisi
operasi. Telah dilaporkan bahwa, perlawanan karburisasi AISI 310 stainless
steel cenderung meningkat dicampuran pengoksidasi / karburasi lingkungan pada
suhu di bawah 1.273 º
K karena pembentukan lapisan kromium /besi-oksida pada permukaan alloy secara
terus menerus. Karena desain dan / atau faktor pengendali, suhu di bagian ujung
umum lebih tinggi dari suhu desain dan lingkungan di dalam pipa terjadi
karburasi atmosfer. Lingkungan menyerang batas butir, sehingga melepaskan butir
sebagai debu partikel logam dan grafit. Selanjutnya, dalam proses pirolisis
dari gas alam, bebas karbon yang dihasilkan oleh reaksi CH4 = 2H2 + C dan oleh dekomposisi meta-stabil karbida besi
menjadi besi dan karbon (Fe3C = 3Fe + C) juga deposito sebagai kokas pada permukaan
pipa internal. Dalam studi ini, permukaan pipa dalam ditutupi dengan partikel
karbon yang relatif tebal (Gambar. 5a).
Ini bertindak sebagai isolator termal, dan juga memicu difusi karbon dan
pengendapan karbida sekunder dalam paduan dengan interaksi langsung antara
difusi karbon dan kromium dalam lapisan permukaan. Oleh karena itu, deteksi
dari dekomposisi paduan menjadi partikel logam dan kokas dalam pipa
memverifikasi bahwa paduan telah mengalami proses korosi temperature tinggi. Kombinasi termal dan tekanan mekanis dapat
mempercepat separation dan spallation dari lapisan terdegradasi, yang mengarah
ke berkurangnya ketebalan periodik. Dalam karya ini, diyakini bahwa spallation
lapisan terdegradasi terus sekitar pengurangan 20% dari ketebalan pipa dalam
waktu 1 bulan. Telah dilaporkan bahwa kerusakan terjadi seketika saat
pengurangan ketebalan dikombinasikan dengan kedalaman karburisasi melebihi
kisaran kritis. Secara umum, kegagalan paduan tahan panas terjadi ketika
kedalaman mencapai 30-50% dari ketebalan asli. Dalam penelitian ini, pengukuran
ketebalan menunjukkan bahwa kedalaman lapisan karburisasi dan hilangnya logam
dari spallation untuk 1/3 dari ketebalan pipa, yang menunjukkan bahwa materi
telah mengalami kondisi yang ekstrim. Kepadatan karbida yang tinggi dan nilai kekerasan yang cukup
tinggi pada sisi pipa yang menjadi sasaran gas panas juga menunjukkan perilaku
karburisasi. Kegagalan karena degradasi pada suhu tinggi baja umumnya disebabkan
oleh kontrol yang tidak tepat pada burning kondisi,misalnya, kelebihan karbon
selama operasi suhu tinggi dan / atau pemilihan material tidak cocok. Oleh karena itu, dalam rangka untuk mencegah modus
kegagalan tersebut di masa mendatang, perlu untuk memeriksa suhu di bagian
ujung pipa secara berkala dan salah satu harus memastikan bahwa suhu operasi
tidak melebihi nilai desain. Redesain burner dengan pendinginan intrinsik
melalui udara pada permukaan luar untuk mengurangi suhu dalam tube juga
dianjurkan. Modifikasi kondisi operasi juga dianjurkan. Jika kondisi pembakaran
dalam tungku tidak dapat diubah, maka disarankan penggantian material dengan
yang higher heat resisting.
VI.
KESIMPULAN
Pipa SS AISI 310 yang mengalami kegagalan karena karburisasi dan metal dusting pada permukaan
bagian dalam yang disebabkan suhu operasional melebihi batas desain (1173ºK) di
lingkungan karbon bearing. Hal
ini pada extensive spallation mengakibatkan
percepatan oksidasi dan karburisasi pada pipa burner,
yang secara signifikan mengurangi
service life material. Suhu burner dilingkungan oksidasi / karburasi campuran
direkomendasikan untuk berada di bawah
1173º K sehingga dapat terjadi pembentukan lapisan oksida
pelindung secara terus menerus. Jika hal ini tidak dapat dicapai, maka direkomendasikan untuk mengganti material ke grade material yang
lebih tinggi.
VII.
REKOMENDASI LANGKAH / ANALISIS
TAMBAHAN
1.
Pada tahap experimental dilakukan
tahap Selection, Identification of Specimen dengan mengkoleksi spesimen untuk
pengujian laboratorium dan tahap Macroscopic
analysis (fracture surface, secondary crack) dengan Pipa yang dipilih dikaji
dengan teliti secara visual menggunakan
mikroskop stereo untuk
mengidentifikasi karakteristik kegagalan
yang terjadi tetapi tidak diberikan hasilnya atau ditunjukkan
hasilnya (buktinya).
2.
Pada tahap selection, identification of specimen maka :
Proses
ini harus dilakukan dengan hati-hati agar permukaan patahan tetap pada kondisi
saat patah (tidak terpengaruh oleh akibat luar, seperti terkena panas,
terbentur benda keras dll.).
Karena
pipa yang mengalami failure terdapat scale maka harus dilindungi dari pengaruh
lingkungan dengan menempatkan sampel kedalam desikator.
3.
Pada tahap Macroscopic analysis maka :
Pengamatan dilakukan pada
pembesaran 1X sampai dengan 50X (baik menggunakan mikroskop optik maupun SEM)
agar Tekstur permukaan (penampakan) makroskopis yang berupa
terang (light) atau abu-abu (grey) dan halus atau kasar,
kristalin atau silky (sutera), granular atau fibrous (serat)
dapat diamati sehingga dapat mengidentifikasi secara keseluruhan kerusakan yang
terjadi.
4.
Dilakukan pengujian untuk mechanical properties antara
lain :
Yield Strenght
Ultimate tensile Strength
Elongation
Reduction of area
Tujuan dari pengujain tersebut
adalah untuk mengindikasikan suitable strength level untuk specified material
dan eliminasi kemungkinan low tensile properties yang menyebabkan kerusakan.
5.
Langkah-langkah utama analisa kerusakan ada 13 langkah.
Langkah-langkah dan status pemenuhan langkah tersebut dalam analisa kerusakan
case diatas dapat dilihat pada tabel 2 dibawah ini.
No
|
Langkah
|
Status pemenuhan
|
Keterangan
|
1
|
Mengumpulkan historical data dan memilih sampel.
|
Terpenuhi
|
|
2
|
Pengamatan visual dan mecatatnya.
|
Terpenuhi
|
|
3
|
Pengujian tak merusak (non destructive testing)
|
Tidak dilakukan
|
Perlu dilakukan untuk mengetahui kemungkinan
terjadi retakan walaupun kecil dan mutu film pembentuk saat awal tereksposure
|
4
|
Pengujian mekanis (destructive testing)
|
Terpenuhi
|
|
5
|
Seleksi, identifikasi, melindungi dan membersihkan spesimen
|
Terpenuhi
|
Bukti tidak tercantumkan
|
6
|
Pengamatan makroskop dan analisa (fracture surface,
secondary crack dan fenomena permukaan lainnya.
|
Terpenuhi
|
Bukti tidak tercantumkan
|
7
|
Pengamatan mikroskopik
|
Terpenuhi
|
|
8
|
Seleksi dan preparasi sampel metalografi
|
Terpenuhi
|
|
9
|
Determinasi (menetapkan) mekanisme perpatahan
|
Terpenuhi
|
Karena degradasi maka mekanisme yang ditetapkan
adalah mekanisme degradasi bukan perpatahan
|
10
|
Analisa Kimia
|
Terpenuhi
|
|
11
|
Analisa mekanika perpatahan (fracture mechanic)
|
Terpenuhi
|
Karena degradasi maka analisa mekanik yang
ditetapkan adalah analisa mekanik degradasi bukan perpatahan
|
12
|
Pengujian khusus untuk men-simulasi kondisi kerja
|
Tidak dilakukan
|
Perlu dilakukan untuk mengetahui menurunkan kecepatan
pengurangan ketebalan pipa,
membuktikan kebenaran rekomendasi untuk mengoperasikan suhu dibawah 1173º K dan pemilihan material untuk suhu operasi sampai 2500 º C
|
13
|
Analisa terhadap seluruh data (bukti), solusi dan rekomendasi
|
Terpenuhi
|
6.
Masuknya karbon
dan presipitasi karbida menyebabkan peningkatan volume dan mengembangkan stres
lokal dari ekspansi kisi. Karena perbedaan dalam ekspansi termal antara lapisan
terdegradasi dan bahan dasar, retak dan separation
dapat ditimbulkan dari siklus termal selama pemeliharaan furnace (start / stop
siklus).
Oleh karena ada kemungkinan retakan maka perlu dilakukan uji NDT. Uji NDT ini
berfungi untuk menguji keretakan atau cacat material.
7.
Material SS AISI 310 dapat
membentuk sebuah film oksida kromium di permukaan pada keadaan awal eksposur.
Namun, karena agresivitas yang sangat mengurangi lingkungan, lapisan oksida
berubah menjadi karbida berpori diskontinyu. Lapisan permukaan berpori terus
tumbuh dan memfasilitasi difusi ke dalam karbon, menyebabkan fase extensive
presipitate chromium-rich. Karburisasi terjadi sebagai akibat dari difusi
karbon dari lingkungan karbon bearing menjadi material yang tidak terlindungi
yang menyebabkan presipitate internal carbide. Karbida ini menyebabkan
penurunan keuletan dan ketangguhan bahan. Oleh karena itu untuk mencegah disfusi karbon
maka oksida kromium di permukaan pada keadaan awal eksposur.harus tetap
dipertahankan sehingga diperlukan pengujian NDT yaitu uji penetrant. Uji
penetrant ini untuk mengetahui mutu dari film dan keberadaan film oksida kromium. Dengan mengetahui mutu film dapat
merekomendasikan pencegahan terjadinya karbida.
8.
Uji NDT yang perlu dilakukan antara lain :
Uji Magnetik Partikel => untuk mendeteksi cacat bahan
logam ferrous pada permukaan atau cacat sub surface.
Uji Penetrant => Untuk menentukan mutu film
9.
Kombinasi termal
dan tekanan mekanis dapat mempercepat separation dan spallation dari lapisan
terdegradasi, yang mengarah ke berkurangnya ketebalan periodik. Dalam karya
ini, diyakini bahwa spallation lapisan terdegradasi terus sekitar pengurangan
20% dari ketebalan pipa dalam waktu 1 bulan. Perlu dilakukan simulasi kondisi
kerja dalam skala lab untuk memperloeh rekomendasi cara penurunan kecepatan
pengurangan ketebalan pipa.
10.
Temperature design material adalah 1173º
K, perlu dilakukan simulasi kondisi kerja dalam skala lab untuk feed natural
gas material dan temperature operasi disetting pada temperature 1173º K.
Tujuannya adalah memastikan bahwa material SS AISI 310 dapat digunakan
untuk untuk feed natural gas material
dan temperature operasi dibawah temperature 1173º K.
11.
Karena temperature operasi diatas
temperature design maka direkomendasikan untuk mengganti material ke grade yang
lebih tinggi. Sehingga setelah melakukan seleksi material maka perlu dilakukan
simulasi kondisi kerja dalam skala lab untuk material yang sudah dipilih
tersebut.
12.
Karena untuk simulasi kondisi
kerja dalam skala lab untuk material dengan feed natural gas membutuhkan waktu
relatif lama maka dapat juga dilakukan simulasi kondisi kerja melalui software
dengan tingkat keakuratan masih dibawah simulasi kondisi kerja dalam skala lab.
13.
Sebelum melakukan pengujian maka alat uji harus
dikalibrasi terlebih dahulu agar diperoleh hasil yang valid dan akurat. Jika
alat tidak terkalibrasi maka dapat dilakukan dengan adanya faktor koreksi.
14.
Dalam pengujian, repetability dan reproducesibility perlu
diperhatikan untuk menghasil nilai pengujian yang valid dan akurat.
15.
Ketepatan metode pengujian juga perlu diperhatikan agar
menghasilkan nilai pengujian yang valid dan akurat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar